Bahasa Portfolio

Mengenal Method Acting dan Versatile Actor

akting

Mungkin belum banyak dari kalian yang familiar dengan yang dimaksud oleh versatile actor dan method acting. Jika kalian suka menonton film-film, khususnya film Hollywood, kalian pasti banyak melihat aktor dan aktris yang kerap memainkan berbagai karakter berbeda dengan teknik akting yang sangat mendalami hingga mampu membuat para penonton terpesona. Para aktor dan aktris itu disebut sebagai versatile actor dan teknik akting yang mereka pakai tersebut dinamai dengan method acting.


Method Acting 

christian bale
Sumber: shotonwhat.com

Method acting adalah salah satu teknik dalam berakting yang kerap digunakan oleh aktor dan aktris top dunia. Akting method sendiri merupakan teknik untuk membangun emosi aktor/aktris dalam mendalami karakter yang ia perankan. 

Teknik ini awalnya diperkenalkan oleh tiga praktisi teater–Lee Strasberg (aspek psikologis), Stella Adler (aspek sosiologis), dan Sanford Meisner (aspek tingkah laku)–yang pertama kali dikembangkan oleh mereka bertiga ketika mereka bekerja bersama di teater grup di New York. Teknik ini dibangun dalam sistem Stanislavski serta dikembangkan oleh aktor dan sutradara asal Rusia yang bernama Konstantin Stanislavski dalam buku-bukunya. 

Para aktor dan aktris berusaha “menghidupkan” karakter yang dimainkan dengan mendalami perannya. Banyak dari para aktor dan aktris ini yang sangat berusaha untuk “menyatu” dengan karakternya dengan cara mencoba untuk merasakan apa yang dirasakan oleh karakternya, baik secara fisik, mental, dan emosi. Contoh-contoh para aktor dan aktris yang dikenal menggunakan teknik ini adalah Christian Bale, Jared Leto, Heath Ledger, Gary Oldman, Charlize Teron, Adrien Brody, dll. 

Christian Bale dalam filmnya yang berjudul The Machinist (2004), berperan sebagai seorang pekerja pabrik yang mengalami insomnia akut yang berdampak pada kesehatan fisik dan mentalnya. Demi perannya dalam film ini, Christian rela menurunkan beratnya sebanyak hampir 30 kg agar terlihat seperti karakternya dengan hanya mengonsumsi air, kopi, dan satu apel setiap harinya selama 4 bulan. Perannya di film ini sangat diingat oleh pecinta film dan fansnya dan dianggap menjadi salah satu film dengan akting terbaiknya. 

Selain Christian Bale, Adrien Brody juga mendedikasikan dirinya untuk perannya di film The Pianist (2002). Adrien Brody menurunkan beratnya sebanyak 14 kg demi perannya sebagai korban selamat dari Holokaus. Ia juga belajar piano dengan menghabiskan empat jam dalam sehari agar bisa menjadi seperti pianis handal. Tak hanya sampai disitu, Adrien juga rela menjual apartemen dan mobilnya, serta mematikan handphonenya lalu pergi menghilang ke Eropa. Karena keseriusan dan usahanya tersebut, Adrien harus ikhlas diputuskan oleh pacarnya saat itu, namun rupanya pengorbanannya berbuah hasil yang memuaskan dengan menjadi pemenang nominasi Best Actor di penghargaan Oscar pada tahun 2013.

Versatile Actor 

Aktor yang dianggap versatile adalah aktor/aktris yang mampu memerankan beberapa atau beragam karakter dan peran. Bisa dibilang, bahwa versatile actor adalah aktor/aktris yang bisa memainkan semua peran yang diberikan padanya. Tentunya untuk dianggap versatile tidaklah mudah dan perlu usaha serta pembuktian dari banyak orang. Predikat versatile ini juga biasanya diberikan oleh orang-orang pada aktor/aktris yang memang dianggap sukses dalam aktingnya ketika memerankan berbagai jenis atau tipe karakter di berbagai film. 

Tak hanya soal peran dan karakter, aktor atau aktris yang versatile adalah mereka yang mampu menguasai berbagai media. Mereka bisa bekerja, baik ketika di layar lebar, serial TV, voiceover, iklan, reality show, dll. Aktor dan aktris versatile juga mampu menyampaikan perannya dalam berbagai versi serta ekspresi. 

Di dunia perfilman, banyak aktor dan aktris yang sudah mendapatkan predikat sebagai versatile actor. Diantaranya adalah Johnny Depp, Meryl Streep, Gary Oldman, Cate Blanchett, Christian Bale, Robert Downey Jr., dan lain-lainnya. 

Cate Blanchett dikenal sebagai versatile actor karena ia sukses memerankan berbagai karakter, seperti perannya sebagai seorang lesbian di film Carol (2015) dan sebagai Ratu Elizabeth di Elizabeth (1998).


Menjadi versatile actor dan menggunakan method acting tidaklah mudah. Perlu dedikasi yang tinggi dan waktu yang tidak instan untuk ,disebut sebagai versatile actorMethod acting pun juga kerap membutuhkan pengorbanan yang banyak, yang bahkan bisa dibilang nekat dan ekstrim. Namun, untuk kalian yang ingin mengikuti jejak para aktor dan aktris tersebut, bukan berarti hal itu menjadi mustahil. Semoga informasi ini dapat menginspirasi dan menambah ilmu kalian ya, Kibiers!

(Artikel ini sudah tayang di website kinibisa.com pada tanggal 29 Agustus 2019)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top