Bahasa Portfolio

Mencintai Kebudayaan melalui Bali Arts Festival 2017

bali arts festival 2017

Bali Arts Festival 2017 adalah festival budaya tahunan terbesar yang diadakan di kota Bali. Festival ini dikenal sebagai festival yang menyajikan kebudayaan serta seni-seni tradisional masyarakat Bali, mulai dari seni yang masih populer di masyarakat sampai seni yang sudah jarang dan susah ditemukan alias langka. Lalu, bagaimana kita dapat mencintai kebudayaan dengan hanya nonton festival?

Sumber: netdna-ssl.com

Bali Arts Festival 2017 adalah festival budaya tahunan terbesar yang diadakan di kota Bali. Festival ini dikenal sebagai festival yang menyajikan kebudayaan serta seni-seni tradisional masyarakat Bali, mulai dari seni yang masih populer di masyarakat sampai seni yang sudah jarang dan susah ditemukan alias langka. Di festival ini, kita bisa melihat berbagai jenis pertunjukan seni yang selalu ditampilkan setiap harinya mulai dari tanggal 10 Juni sampai 9 Juli 2017.

Sumber: aseantourism.travel

Tahun ini, Bali Arts Festival 2017 mengusung tema “Ulun Danu” yang artinya sungai dan laut sebagai sumber wair. Maksud dari tema ini adalah untuk melestarikan air yang merupakan sumber kehidupan masyarakat. Sebenarnya, festival ini memiliki tema utama untuk tahun 2016-2020 yaitu “Panca Maha Bhuta”. Tema ini terdiri dari 5 elemen kehidupan: Pertiwi (tanah), Apah (air), Bayu (udara), Teja (cahaya), dan Akasa (langit).

Kamu pasti penasaran apa aja sih yang kita bisa lihat dari festival ini? Tentunya banyak yang bisa kamu lihat yaitu pertunjukan tarian tradisional seperti Tarian Nandir dan Tarian Legong, lalu ada parade kostum tradisional Bali, pameran seni dan kerajinan tangan contohnya yaitu seni ukir/pahat, pertunjukan musical, film screening, live
music
, bazar kuliner khas Bali, dll.

Seluruh acara festival ini diadakan di berbagai venue dan stage yang berbeda, seperti di Bajra Sandhi Monument, Taman Werdhi Budaya Arts Center, Bali Arts Center, dll., dan semua venue tersebut berada di Denpasar.

Sumber: beritasatu.com

Bagi kamu yang gak sempat pergi ke Bali untuk lihat festival ini jangan khawatir. Tahun depan Bali Art Festival akan kembali lagi dengan tema lainnya dan kalau kamu tidak bisa pergi ke Bali atau datang ke acara ini, kamu bisa melihat festival ini secara live lewat live streaming official youtube channel Bali yaitu Bali GoLive.


Nah, itu dia sedikit mengenai Bali Art Festival. Menarik untuk kamu kunjungi bukan? Dengan mengenali seni budaya lokal, dan mendukung tiap kegiatannya, maka kita telah ikut serta dalam melestarikan kebudayaan Indonesia. Memang bukan satu-satunya cara, namun mencintai Indonesia memang bisa dilakukan dengan cara yang sederhana, yuk anak muda terus dukung seni budaya lokal Indonesia!

(Artikel ini sudah tayang di website colours.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top